Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3 Cara Eksfoliasi Untuk Kulit Berminyak

Eksfoliasi untuk kulit berminyak tidak jauh berbeda dengan cara yang pernah saya share sebelumnya, hanya saja metode ini paling cocok dilakukan oleh orang yang jarang merawat wajahnya.

Sebagian besar orang, biasanya hanya membersihkan muka mereka pada saat dirinya tengah mandi. Namun tak jarang pula terkadang dilakukan ketika seseorang menjelang tidur. 

Sementara itu, eksfoliator yang kerap mereka pilih bisanya dari bahan kimia atau produk tertentu dalam bentuk Krim. Sehingga ia lupa dengan penerapan masker dan juga peeling yang mana sebenarnya memiliki peranan penting terhadap wajah.

Lalu apa sih sebenarnya manfaat dan juga cara menerapkan eksfoliasi yang benar untuk kulit, khususnya bagi wajah yang berminyak? Yuk cari tahu melalui rangkuman berikut!

Tentang Perawatan Eksfoliasi

Singkatnya, eksfoliasi adalah upaya yang bisa dilakukan dengan tujuan menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah dan dengan harapan kulit bisa menjadi lebih putih dan bersih.

Itu artinya, hasil atau manfaat yang akan kamu terima dari pola perawatan ini adalah kulit tak berminyak atau bahkan bebas dari komedo dan jerawat. Sayangnya, manfaat itu terkadang tak bisa diterima oleh setiap wanita.

Alasan umum yang menjadikan perawatan ini tak memberi hasil apa pun biasanya akibat dari eksfoliator yang mereka gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit atau bahkan memiliki masalah lain dengan kulit.

Ketahui lah! Walaupun kamu sudah melakukan eksfoliasi untuk kulit berminyak secara rutin, belum tentu minyak bisa terangkat sempurna. Apalagi jika ada masalah pada kulit, justru itu bisa mengakibatkan masalah lain jika ekfoliator yang kamu terapkan berupa serum kimia, misalnya.

Oleh karena itu, mempelajari perawatan eksfoliasi dan memastikan kondisi kulit terlebih dahulu tentu sangat diperlukan agar bisa menuai hasil seperti yang diharapkan.

Manfaat Eksfoliasi Kulit Secara Lengkap

Secara umum, tindakan ekfoliasi diperlukan oleh siapa pun untuk:

  • Mempercepat proses perbaikan pada sel kulit baru sebagai pengganti sel yang sudah mati.
  • Mengangkat kotoran yang menyumbat pada pori-pori denga tujuan menghilangkan sel kulit mati.

Supaya bisa memahaminya lebih lengkap, coba pahami manfaat eksfoliasi ini dengan cermat. Selain manfaat, perawatan eksfoliasi ini juga akan menghasilkan banyak keuntungan juga lho guys, yaitu:

  • Menjadikan kulit lebih halus dari sebelumnya.
  • Komedo yang membuat orang menjadi tak percaya diri akan ikut terangkat.
  • Mampu mengencangkan kulit dalam waktu cepat.
  • Membuat kulit semakin bercerah.
  • Minyak pada kulit aka segera menghilang.

Nah dari daftar di atas, kulit berminyak masuk dalam urutan akhir yang artinya ekfoliasi ini benar-benar memiliki peranan penting. Jadi pikirkan sekarang juga untuk menerapkan perawatan ini ya!

Cara Eksfoliasi Untuk Kulit Berminyak

Cara Eksfoliasi Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak memang bisa membuat mu menjadi tak percaya diri. Apalagi jika sedang bersama gebetan, maka kulit berminyak bisa menjadi masalah serius yang perlu di cegah sesegera mungkin. Salah satunya dengan Eskfoliasi yaitu dengan cara:

1. Kenali Jenis Kulit Terlebih Dahulu

Tipe kulit setiap orang itu berbeda, jadi kamu perlu memastikannya terlebih dahulu agar perawatan ini mampu memberikan hasil sesuai keinginan. Manfaat utama dari tahap ini adalah agar bisa mengetahui jenis perawatan yang ideal. 

Seperti yang saya temukan pada sumber sehatq.com, "Jika jenis kulit seseorang berminyak, maka ukuran pori-porinya bisanya lebih besar". Tak jarang pula jerawat timbul secara tiba-tiba. Tentu kamu tak ingin menemui masalah baru ini kan?

2. Gunakan Hemical Exfoliation

Jika kamu terbiasanya menggunakan produk kimia, maka pilih lah Hemical Exfoliation sebagai eksfoliator. Jangan sampai salah ya, karena setiap produk memiliki manfaat dan fungsi berbeda.

3. Pilih Zat Beta Hidroxy Acid

Zat satu ini sering dikenal dengan BHA. Perlu kamu tahu, Zat ini memiliki peranan utama dalam mengurangi tingkat produksi sebum. Bahkan bisa juga kalian gunakan untuk menjadikan pori-pori mu lebih kecil.

Sementara itu Zat Beta Hidroxy Acid ini sangat cocok untuk jenis kulit berminyak, sehingga memadukannya dengan Hemical Exfoliation akan menjadikan bahan ekfoliasi yang benar-benar ampuh. Tapi ingat ya Guys! Jangan pernah menggunakan zat ini dengan takaran yang melebihi dosis. 

Memang menggunakannya dengan takaran lebih, mampu mempercepat proses menghilangkan kulit berminyak. Tetapi ingat pula risikonya juga yang mana akan menyebabkan iritasi.

Lalu bagaimana cara Eksfoliasi Untuk Kulit Berminyak secara mandiri? Metode ini dapat kamu lakukan di rumah dan tanpa pengawasan siapa pun, termasuk dokter. Jadi, jika benar-benar tertarik dengan metode ke dua, silahkan pelajari "Eksfoliasi Wajah Dengan Kopi" lalu terapkan secara rutin.