Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Eksfoliasi Untuk Memutihkan Wajah

Sebenarnya banyak cara eksfoliasi untuk memutihkan wajah yang dapat kalian terapkan. Namun apakah semuanya aman terhadap semua risiko? Tentu saja tidak. Oleh karena itu, hari ini akun akan memberikan tips cara eksfoliasi yang benar-benar aman untuk kulit wajah mu. Jadi, yuk simak selengkapnya!

Seperti manfaat Eskfoliasi  wajah yang pernah aku share sebelumnya, yang mana pola perawatan satu ini adalah salah satu upaya agar kulit mu tampak sehat dan bersih.

Kondisi itu bisa kalian peroleh akibat efek perawatan ini yang sanggup membuat sel kulit mati menjadi terangkat. Di satu sisi, kotoran yang menempel pun akan ikut lenyap.

Siapapun dapat merasakan hasilnya dengan catatan, melakukan perawatan ini secara maksimal, benar dan rutin.

Namun apakah perawatan ini bisa menyebabkan risiko terhadap kulit? Tentu saja, hal ini biasanya terjadi akibat adanya penggunaan serum tertentu yang tak cocok dengan kulit mu.

Masalah umum sebagai wujud risikonya ialah munculnya komedo dan bahkan kulit kering.

Tentu kalian tak ingin masalah itu menimpa mu juga kan? Maka dari itu, sebaiknya terapkan semua pola perawatan seperti yang direkomendasikan oleh halodoc.com dalam konteks berikut.

Cara Eksfoliasi Untuk Memutihkan Wajah

Cara Eksfoliasi Untuk Memutihkan Wajah

Untuk mendapatkan kulit sehat, bersih dan putih sebenarnya tak perlu datang ke beauty clinic. Cukup melalui perawatan mandiri saja, kamu bisa mendapatkan hasil seperti preferensi kalian. Berikut Cara Eksfoliasi yang aman terhadap risiko:

1. Tentukan Alat dan Bahan yang Tepat

Maksudnya, kalian harus menentukan alat yang akan kamu gunakan. Selain itu, tentukan pula bahan eksfoliasi yang cocok untuk jenis kulit-mu.

Pertama, menentukan alat. Cara ini bisa kalian lakukan dengan metode manual atau bisa pula menggunakan elemen kimia.

Karena tips perawatan ini bertujuan untuk menghindarkan risiko, maka saya akan menjelaskan cara manual saja. 

Dalam hal ini, alat yang dapat kalian gunakan sebagai pembantu dalam proses eksfoliasi ialah kain atau Waslap yang bersih.

Pemilihan alat ini sangat direkomendasikan untuk orang yang kebetulan memiliki kulit sensitif, atau kering bahkan berjerawat.

Namun apabila jenis kulit mu saat ini berminyak, maka memilih sikat khusus wajah tentu lebih ideal daripada menggunakan kain. Kalian juga dapat menggantikan sikat tersebut dengan Scrub ya.

Sementara itu ketika kalian memilih bahan eksfoliasi dari produk kimia, alangkah lebih baik jika produk tersebut mengandung Alpha Hydroxy Acids.

Lalu bahan seperti apa yang cocok untuk kulit sensitif? Karena banyak yang memilih menggunakan bahan kimia, maka produk yang cocok ialah yang mengandung Beta Hydroxy Acids.

Sedangkan bagi orang yang memiliki kriteria kulit mudah berjerawat dan berminyak, memilih produk kimia tentu akan lebih ideal untuk menghilangkan masalah tersebut dalam waktu dekat.

Idealnya, produk yang dapat kalian pilih mengandung bahan:

  • Asam glikolat.
  • Asam salisilat.
  • Retinoid.

Tak cuma remaja saja yang ingin tampil cantik dan putih di hadapan publik, namun sebagian wanita hamil pun memiliki niat yang sama.

Saran ya, jika tipe kulit mu berminyak dan mudah berjerawat, maka bisa memilih produk yang memiliki kandungan Asam: salisilat dan glikolat. 

Sementara itu, produk yang memiliki kandungan Retinoid sebaiknya dihindari agar tak menimbulkan masalah apa pun.

2. Pelajari Tata Cara Eksfoliasi Yang Benar

Misalkan saat ini kamu memilih bahan yang mengandung kimia atau bahkan scrub, maka sebaiknya gunakan secukupnya saja. Jangan terlalu ambisi ya! Sementara itu, cara eksfoliasi yang benar yaitu dengan menerapkan gerakan:

  1. Memutar.
  2. Pijatan Lembut.
  3. dan perlahan.

Di satu sisi, jika alat yang kamu gunakan adalah Waslap atau bahkan sikat khusus wajah, maka prosesnya yaitu:

  1. Mengusap wajah dengan Lembut.
  2. Buatlah seolah membentuk sebuah garis pendek.
  3. Lakukan eksfoliasi secara merata.

Pola perawatan scrubbing ini memerlukan waktu setidaknya 30 detik. Jika sudah mencapai batas waktu tersebut, segera bilas sampai bersih. 

Proses pembilasan ini dapat kalian lakukan dengan menggunakan air hangat ya. Jadi, silahkan bilas sampai benar-benar bersih.

3. Manfaatkan Bahan Alami

Agar benar-benar terhindar dari semua risiko, perawatan eksfoliasi ini tak selalu mengandalkan bahan yang tersedia di pasaran saja. Kamu juga dapat membuat bahan itu sendiri agar hasilnya lebih alami.

Banyak orang yang memanfaatkan kopi sebagai bahan dalam pembuatan masker eksfoliasi. Efeknya pun cukup ideal dan sanggup mengangkat sel kulit mati lho.

Jadi jika kamu ingin mencobanya, pelajari sekarang juga Cara Eksfoliasi Wajah Dengan Kopi sebagaimana sudah saya share sebelumnya.

Demikian lah Cara Eksfoliasi Untuk Memutihkan Wajah yang dapat kalian terapkan yang tentunya minim risiko, sampai jumpa.