Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Bercak Putih di Wajah Dalam 1 Hari

Cara Menghilangkan Bercak Putih di Wajah Dalam 1 Hari Ini terbagi menjadi tiga macam menurut asal masalahnya yang selalu membuat seseorang tidak percaya diri lagi. Lalu apa saja penyebabnya? Yuk cari tahu bersama dengan membaca ulasan berikut!

Penyebab Masalah Bercak Putih di Wajah

cara menghilangkan bercak putih di wajah dalam 1 hari

1. Pityriasis alba

Ini merupakan salah satu masalah pada enzim yang terkadang muncul dengan bentuk lonjong bahkan tidak beraturan. Kondisi masalah kulit ini tidak menimpa semua orang, tetapi hanya mereka yang masih berusia antara 13 sampi 16 tahun saja.

2. Vitiligo

Kalau ini bukanlah sekedar masalah biasa, melainkan penyakit Autoimun yang harus segera mendapat perawatan dengan tepat.  Penyakit ini secara cepat akan memberi dampak terhadap hilangnya lapisan pigmen pada kulit. Sehingga tidak hanya wajah saja yang akan terlihat bercak putih, tetapi bagian tubuh pun bisa mengalami kondisi serupa.

Sementara itu, ciri-ciri yang dapat kamu kenali ketika bercak putih itu muncul dan menandakan penyakit Vitiligo adalah adanya perubahan bercak yang semakin lama akan berubah menjadi lebih besar. Bahkan warnanya bisa ke seluruh anggota tubuh.

3. Tinea versicolor

Ini merupakan bercak putih yang sering kita jumpai. Lalu apa itu Tinea versicolor? Nama lainnya adalah Panu. Saya yakin, kamu pasti pernah mendengarnya atau bahkan pernah berada dalam situasi ini.

Panu sendiri adalah bercak putih yang sering tampak di sekitar pipi bahkan semua anggota tubuh seseorang. Timbulnya Panu sendiri biasanya terjadi karena adanya jamur yang tidak teratasi di permukaan kulit.

Ketiga penyebab tersebut sering kali menjadikan kulit terlihat berbercak, sehingga kamu harus segera melakukan tindakan lebih sebagai bentuk pengobatan.

Cara Menghilangkan Bercak Putih di Wajah Dalam 1 Hari

Sebagai upaya pengobatan terhadap adanya bercak putih di wajah, setiap orang yang mengalami kondisi tersebut harus mengenali terlebih dahulu penyebabnya, sehingga cara menghilangkan-nya akan lebih efektif bahkan hanya dalam 1 hari saja. 

Berikut ini adalah beberapa upaya yang dapat kamu lakukan sebagai Cara Menghilangkan Bercak Putih di Wajah Dalam 1 Hari berdasarkan penyebabnya:

1. Menghilangkan Bercak Putih di Wajah Karena Vitiligo

Satu-satunya cara menghilangkan Bercak Putih di Wajah Karena Vitiligo yang dapat kamu lakukan yaitu berkonsultasi ke doter kulit terlebih dahulu. Dalam hal ini, kamu akan menerima jenis perawatan intensif yang bertujuan untuk memulihkan kembali warna kulit.

Bisanya Dokter juga akan memberikan perawatan khusus sebagai upaya pencegahan agar bercak putih tersebut tidak menyebar luas ke permukaan kulit lainnya. Jadi, segera cari dokter khususus yang tidak jauh dari lokasi kamu sekarang dan ceritakan masalah seperti yang sedang kamu alami.

Ketika semua keluhan sudah ditanggapi Dokter dengan jelas, maka dokter akan memberi resep khusus. Biasanya berupa obat yang bisa di oleskan ke permukaan kulit, obat khusus untuk di minum, dan juga terapi seperti halnya pemberian sinar ultraviolet.

2. Menghilangkan Bercak Putih di Wajah Karena Panu

Tidak semua bercak putih mengindikasikan penyakit kulit serius, melainkan Panu juga memiliki ciri-ciri yang sama seperti masalah pada Vitiligo. Sedangkan cara menghilangkan Bercak putih karena Panu sendiri tidak memerlukan proses yang panjang seperti halnya pengobatan. 

Seseorang mengalami masalah ini bisa memakai obat yang memiliki kandungan Anti jamur. Biasanya obat dengan kandungan anti jamur ini bisa diperoleh dari berbagai jenis, seperti: Krim, Tablet Pil yang bisa kamu minum, Sabun atau bahkan losion.

Sedangkan penanganan masalah Panu pada kulit juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, misalnya: Lengkuas dan garam yang di oleskan ke area Panu lalu membilas-nya dengan air hangat setelah 20-30 menit.

3. Menghilangkan Bercak Putih di Wajah Karena Pityriasis Alba

Pityriasis Alba merupakan masalah kesehatan kulit yang memang jarang terlihat. Walaupun tidak sebanyak Panu, masalah ini juga harus mendapat penanganan serius dengan memberikan berbagai obat-obatan yang tepat.

Kamu bisa menggunakan obat oleh yang tersedia di berbagai Apotik atau bisa mengikuti resep dokter. Jika memilih pengobatan secara mandiri, maka belilah krim khusus untuk mengobati bercak putih di wajah karena Pityriasis Alba.
Dengan ke-tiga cara di atas, saya yakin masalah yang kamu alami akan segera teratasi. Namun waktu yang diperlukan tidaklah menjamin. Tergantung dari berat atau tidaknya masalah bercak putih tersebut. Namun guna memastikan bahaya atau tidak, lebih baik lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar bisa menerima pengobatan secara tepat.