Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Tratak di Wajah Secara Alami

Cara menghilangkan tratak di wajah sendiri dapat kalian lakukan dengan mudah apabila sebelumnya sudah mengetahui penyebabnya. Entah itu secara alami atau menggunakan obat khusus, keduanya dapat kalian lakukan Ya. Jika kalian mengalami masalah seperti ini, sebaiknya pahami semua ulasan berikut!

Tratak ini biasa dikenal pula dengan sebutan bercak putih. Sementara itu, masalah ini biasanya kerap terjadi di sekitar area kulit wajah. Jadi, dengan timbulnya bercak putih ini tentu sangat mengganggu kenyamanan, terutama bagi sejumlah wanita yang selalu memperhatikan kecantikan mereka.

Tidak cuma wanita saja yang dibuat tak nyaman dengan timbulnya bercak putih "Tratak" ini. Beberapa pria pun kerap merasa tak percaya diri ketika mengalami masalah kulit satu ini.

Harus kalian ketahui, timbulnya tratak di wajah ternyata tak hanya mengganggu penampilan saja, melainkan dapat pula membuat sebagian orang menjadi frustasi. Mengapa? Pasalnya bercak putih ini kerap menimbulkan rasa gatal dan bahkan kulit menjadi mati rasa pada area tratak.

Menyikapi masalah ini, bercak putih ini bisa timbul kapan saja dan menimpa siapa pun apabila kondisi berikut ini terjadi:

  • Ptyriasis alba.
  • Hipopigmentasi pasca inflamasi.
  • Morfea.
  • Panu.
  • Vtiligo.
  • Albino.
  • Kusta.

Sementara itu, supaya bercak putih yang timbul pada permukaan kulit mu bisa menerima perawatan khusus, maka diperlukan pemeriksaan secara intensif. Dalam hal ini, sebaiknya periksakan terlebih dahulu langsung ke dokter kulit agar bisa mengetahui apa penyebab atau gejalanya.

Dalam pemeriksaan yang kalian lakukan, mungkin pihak kesehatan akan melakukan pengangkatan kulit sebagai sampel dengan Wood Lamp agar gejala masalah ini bisa di diagnosis dengan tempat.

Ketika sudah diketahui apa masalah utama timbulnya tratak di wajah, tentu kamu akan menerima pengobatan yang lebih tepat. Baik itu perawatan melalui obat krim atau oles atau bahkan obat dalam.

Namun jika masalah tratak atau bercak putih ini terlihat cukup parah, maka terkadang dokter akan melakukan tindakan lebih lanjut dengan laser atau bahkan Chemical peeling.

Cara Menghilangkan Tratak di Wajah

Cara Menghilangkan Tratak di Wajah Secara Alami

Terkadang sebagian orang tak memiliki cukup biaya untuk melakukan pengobatan ke dokter. Ketahui-lah, itu bukan bagian masalah serius kok. Kamu bisa memanfaatkan tips alami yang sudah akun cantumkan sebagai solusi cara menghilangkan tratak di wajah, yaitu:

1. Gunakan Masker Kunyit

Kunyit sendiri kerap dijadikan sebagai bahan dasar pada pembuatan jamu yang baik untuk tubuh. Selain sebagai jamu, bahan alami bisa pula kalian manfaatkan untuk membasmi tratak di wajah. Sementara itu, kunyit yang perlu kalian gunakan adalah jenis bubuk yang dikombinasikan dengan minyak mustard.

Penggunaannya yaitu dengan menjadikan kedua bahan tersebut menjadi masker. Setelah itu, kalian bisa langsung mengoleskannya ke permukaan kulit yang penuh tratak di wajah.

Masker kunyit, selain sebagai upaya mengatasi tratak atau bercak putih di wajah, ternyata berguna pula untuk memberi peningkatan pada sistem kekebalan. Di satu sisi, risikonya tak terlalu besar dan gak akan membuat tratak menjadi lebih parah.

2. Oleskan Juice Kubis

Selain memiliki peran sebagai sayuran, kubis ternyata bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan tratak di wajah lho Guys. Bahkan penggunaannya sangat efektif karena tak memerlukan bahan tambahan apa pun.

Mulainya, kalian perlu menghaluskan kubis secukupnya agar menjadi Juice. Eit, tapi jangan diminum ya! Kalian harus mengoleskan jus kubis ini ke permukaan kulit yang penuh dengan tratak di wajah.

Silahkan olehkan sampai merata, lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Apabila juice sudah mulai mengering dan sudah mecapai waktu yang ditentukan, segera bilas lah dengan air hangat sampai benar-benar bersih.

Selain di olah menjadi Juice, kamu juga bisa memanfaatkan kubis sebagai upaya cara menghilangkan tratak di wajah dengan langsung menempelkannya dalam bentuk lembaran ke permukaan kulit. Di satu sisi, kamu juga bisa menggunakan airnya dengan cara direbus dan membasukannya ke permukaan wajah.

3. Oleskan Madu ke Area Tratak di Wajah

Selain dengan kunyit dan kubis, kamu juga bisa memilih madu untuk menghilangkan bercak putih di wajah. Madu sendiri sudah terbukti sanggup membuat kulit menjadi lebih sehat dan anti jamur. Jadi, khasiatnya sudah tak diragukan lagi.

Kandungan bercak anti-jamur pada madu ini diyakini sanggup membuat bakteri di kulit menjadi mati dan tak bisa berkembang. Maka dari itu, dengan mengoleskan madu ke area wajah, maka bercak putih atau tratak di wajah akan segera lenyap.

Pelajari Pula: Cara Eksfoliasi Wajah Dengan Kopi

Penggunaan madu untuk mengatasi masalah tratak sendiri sangat sederhana. Kalian cukup mengoleskannya lalu menunggu hingga kering dan kandungan madu terserap sempurna oleh kulit. Setelah itu, segera bilas dengan air bersih ya!

Nah dari ketiga upaya di atas, tentu akan menuai hasil yang lebih baik jika diterapkan secara rutin. Jadi, lakukan dari sekarang.