Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waktu Yang Tepat Untuk Eksfoliasi

Memilih waktu yang tepat untuk eksfoliasi perlu kalian pertimbangkan pula, terutama agar hasil bisa sesuai dengan keinginan dan tujuan perawatan ini. Selain itu, pertimbangkan pula jenis kulit mu. 

Lalu pastikan produk yang ideal berdasarkan tipe kulit. Oleh karena itu, Ayokencan.com akan mengajak kalian untuk mengenal waktu dan produk yang tepat supaya perawatan ini bisa menghasilkan kulit yang benar-benar sehat.

Tipe perawatan eksfoliasi sebenarnya sudah lama diaplikasikan oleh orang-orang sejak dulu, bahkan sebelum adanya beragam jenis produk kosmetik. 

Beberapa tahu yang lalu, perawatan satu ini masuk dalam daftar kecantikan yang tak hanya menjadikan kulit menjadi cerah saja, akan tetapi sanggup menjadikan kulit menjadi lebih sehat.

Bahan yang digunakan pun bukan berupa Scrub atau bahkan Toner, akan tetapi bahan alami yang umumnya berasal dari buah-buahan dan bahkan sayuran. Namun bahan Eksfoliator alami yang sampai saat ini masih bertahan ialah Kopi yang dipadukan dengan bahan tertentu dengan pengaplikasian-nya  yang dalam bentuk masker.

Jika kalian ingin menggunakan kopi sebagai eksfoliator-nya, pelajari cara eksfoliasi dengan kopi yang mana sudah pernah aku bahas dalam pertemuan sebelumnya. 

Meskipun hanya sekedar memanfaatkan kopi, akan tetapi manfaatnya sama kok, yaitu mengangkat sel kulit mati dan membuatnya lebih bercahaya.

Hanya saja, pemanfaatan kopi sebagai bahan eksfoliasi ini tidak menimbulkan risiko berlebihan, terutama jika diaplikasikan tanpa melibatkan produk dengan bahan dasar Scrub.

Seiring bergantinya tahun, produk beragam jenis produk eksfoliasi pun di produksi. Ada yang terbuat dari bahan alami dan bahkan ada pula yang memanfaatkan bahan kimia.

Tujuan Memilih Produk Eksfoliasi Bahan Kimia

Waktu Yang Tepat Untuk Eksfoliasi
Meskipun banyak anggapan bahwa menggunakan produk kimia dapat menimbulkan risiko iritasi, namun masalah itu tidak akan terjadi jika perawatan-nya kamu lakukan dengan benar.

Bahkan memilih produk kimia bisa membantu penyerapan dalam waktu yang lebih ideal daripada bahan alami. Beberapa produk yang rekomendasi dengan daya serap tinggi yaitu: Serum dan Pelembab.

Tak cuma itu saja lho Guys! Produk foundation pun memiliki daya serap yang jauh lebih dabik ketimbang jenis produk eksfoliasi lainnya yang saat ini beredar di pasaran.

Waktu Yang Tepat Untuk Eksfoliasi

Waktu Yang Tepat Untuk Eksfoliasi
Jika kalian bertanya terkait waktu untuk mengakomodasi eksfoliasi dalam rutinitas, maka idealnya bisa kalian lakukan setelah membersihkan muka dengan sabun atau produk pembersih, seperti Facial Wash misalnya. 

Penerapan Waktu Yang Tepat Untuk Eksfoliasi ini bertujuan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang menempel di wajah secara maksimal. Dengan begitu, pori-pori akan menjadi bersih dan tentunya tak tak tersumbat lagi.

Sementara itu, saran dari DR. Madhuri terkait waktu yang tepat untuk eksfoliasi ini idealnya fokus pada masalah dehidrasi kulit saja. Misalnya setelah terjadinya pengelupasan kimia. 

DR. Madhuri juga menyarankan agar kita tetap fokus dalam menggunakan produk tabir surya. Tujuannya agar kepekaan kulit terhadap paparan matahari semakin berkurang dan tidak menimbulkan masalah kerusakan.

Aturan Perawatan Eksfoliasi Wajah

Aturan Perawatan Eksfoliasi Wajah
Meskipun banyak yang menyarankan untuk melakukan perawatan ini secara rutin, bukan berarti tidak memiliki batasan ya Guys. Justru dengan seringnya melakukan eksfoliasi akan menjadikan kulit berjerawat.

Jika tipe kulit mu memang sensitif, sebaiknya batasi deh perawatan jenis ini. Idealnya sekali saja dalam 10 - 15 hari dengan tujuan menghindari risiko iritasi kulit.

Lantas bagaimana dengan kulit yang berminyak? Jenis kulit berminyak, biasanya mudah sekali ditumbuhi jerawat. Untuk mencegah masalah itu, disarankan untuk mengakomodasi eksfoliasi ini sebanyak tiga kali saja dan itu bisa kalian lakukan dalam periode 1 minggu.

Sementara itu, bagi orang-orang yang cenderung memiliki kulit normal atau bahkan kombinasi, maka sebaiknya terapkan pola perawatan eksfoliasi ini sekali saja dalam 1 minggu. Setelah itu apabila hasilnya lebih baik, maka perawatan-nya bisa lebih ditingkatkan yaitu dua kali dalam 1 minggu.

Sebenarnya sih tergantung pula pada respon kulit ya guys. Maksudnya, apabila menjadikan kulit lebih sehat, kenapa harus mengurangi perawatan ini. Justru kalian dapat meningkatkan perawatan eksfoliasi ini.


Itulah ulasan yang dapat aku sampaikan untuk menjawab pertanyaan terkait waktu yang tepat untuk eksfoliasi wajah. Silahkan sesuaikan sendiri menurut jenis kulit dan hasil yang kalian peroleh, sampai jumpa.