Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa Eksfoliasi Itu? Yuk Cari Tahu Dengan Mengenal 4 Bahan Alami Eksfoliator

Apa Eksfoliasi Itu? Mengingat banyaknya wanita yang mementingkan kecantikan, membuat eksfoliasi ini menjadi sangat dibutuhkan.

Bahkan sebagian besar orang menganggap bahwa pola perawatan ini bersifat wajib sebagai salah satu upaya merawat wajah.

Lantas apa sih sebenarnya makna/arti dari istilah tersebut? Jika kamu baru mendengar istilahnya, saya sarankan untuk memahami semua penjelasan berikut!

Apa Eksfoliasi Itu?

Apa Eksfoliasi Itu

Eksfoliasi adalah salah satu bentuk perawatan kulit wajah yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga menghasilkan kulit sehat dan bahkan bersinar.

Namun perawatan ini tidak boleh dilakukan secara asal-asalan ya, tetapi  perlu mengenali jenis kulit mu terlebih dahulu agar bisa menggunakan jenis perawatan yang tepat.

Contoh sederhananya yaitu eksfoliasi untuk kulit berminyak yang pernah saya bahas misalnya. 

Perawatan untuk jenis kulit tersebut tentu berbeda dengan tipe kulit yang cenderung kering. Bahkan, berbeda pula untuk jenis kulit berjerawat.

Apakah Eksfoliasi itu Penting?

Penting atau tidaknya jenis perawatan ini, tentu tergantung pada diri kamu sendiri ketika menanggapinya.

Kamu bisa saja menganggapnya penting apabila upaya perawatan kulit wajah ini sanggup dan terbukti memberikan hasil maksimal.

Meskipun pada dasarnya memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit, sebagian orang yang sudah berkeluarga kerap menghiraukan perawatan satu ini.

Pikirnya mereka tak perlu mencari perhatian lagi dihadapan publik, sehingga membuat perawatan ini tak penting lagi.

Apakah Eksfoliasi Dapat Memanfaatkan Produk Kimia?

Tentu saja bisa. Namun tidak menutup kemungkinan adanya risiko yang akan menimbulkan masalah lain terhadap kulit. 

Pernyataan ini akan berlaku jika kamu menerapkan perawatan ini secara asal tanpa mempertimbangkan jenis kulit. 

Sementara itu, jika ingin menggunakan produk kimia maka cara mendapatkan produknya pun tak sesulit seperti jaman dulu. 

Dengan hanya mengakses marketplace saja, kamu sudah bisa menemukan banyak produk yang siap digunakan.

Bahan Alami Untuk Eksfoliasi Wajah

Memanfaatkan bahan-bahan alami tentu lebih disarankan agar tak menimbulkan masalah serius. 

Tak perlu khawatir! Saat ini banyak sekali bahan yang dapat dipilih untuk dijadikan eksfoliator yang tentunya minim risiko, yaitu:

1.  Oatmeal

Jika kalian ingin menggunakan bahan kasar namun tetap aman buat kulit mu, maka memilih Oatmeal adalah solusinya. Meskipun teksturnya kasar, bahan eksfoliasi alami satu ini ternyata ampuh juga lho untuk mengangkat sel-sel kulit mati, terutama yang sudah benar-benar membandel.

Penggunaan-nya pun cukup mudah. Pertama, lembabkan kulit mu terlebih dahulu kemudian gunakan Oatmeal ini dengan cara:

  • Melarutkan dua Sdm Oatmeal dalam air dengan takaran secukupnya. Perlu di ingat! Jangan sampai terlalu encer ya karena akan sulit buat kamu pakai.
  • Oleskan sebagai bentuk eksfoliasi ke permukaan kulit.
  • Gosok sekarang juga secara perlahan dan dengan gerakan memutar.
  • Biarkana sejenak hingga kering.
  • Segera bilas sampai bersih.

Untuk hasil yang lebih maksimal ketika kalian menggunakan bahan ini yaitu mengaplikasikannya 1 hingga 2 kali dalam 1 minggu. Jangan sampai melebihi batas tersebut ya.

2. Kombinasi Teh Hijau dan Timun

Selain memahami Apa Eksfoliasi Itu, memilih bahan alami yang tepat juga perlu kalian lakukan agar bisa menerima hasil sesuai keinginan. Ternyata, kedua kombinasi  bahan alami ini bisa juga lho kalian terapkan untuk melakukan eksfoliasi.

Dari segi keamanan, tentu sudah tak diragukan lagi yang mana tidak ada risiko serius ketika kamu menerapkannya. Justru kombinasi teh hijau dan timun ini bisa membuat kulit mu tampak segar.

3. Masker Kopi

Kalau bahan ekfoliasi alami satu ini pasti sudah tak asing lagi kan? Sebagian besar wanita sampai hari ini memilihnya sebagai masker yang mana diyakini sanggup membuat kulit lebih sehat dari sebelumnya.

Masker kopi merupakan bahan eksfoliasi yang terbuat dari kombinasi minyak zaitu dan kopi bubuk. Khasiat eksfoliasi dengan kopi ini sudah pernah saya bahas sebelumnya dan bahkan lengkap dengan cara membuatnya. Jadi, saya pikir tak perlu lagi membahasnya secara luas di sini.

4. Kulit Jeruk

Kulit jeruk biasanya dibuang begitu saja oleh sebagian besar orang. Pikirnya, ini hanya sampah belaka yang tak memiliki manfaat apapun untuk perawatan. Ketahuilah, ternyata itu adalah klaim yang salah.

Ternyata kulit jeruk yang biasa kamu buang mengandung bahan-bahan yang sangat diperlukan kulit, terlebih untuk pencerahan. Kamu bisa memanfaatkannya dengan cara menjadikannya sebagai scrub atau eksfliator untuk perawatan yang sifatnya ekonomis.

Pelajari pula: 3 Cara Eksfoliasi Untuk Kulit Berminyak

Nah ke empat bahan alami di atas tidak menimbulkan risiko apapun. Meskipun demikian, sebaiknya kenali jenis kulit mu terlebih dahulu dan mencari referensi lagi terkait kandungan bahan dalam bahan alamai ini.

Demikian lah review lengkap terkait apa eksfoliasi dan bahan apa saja yang bisa dijadikan sebagai eksfoliator secara alami. Nantikan update terbaru lainnya ya, sampai jumpa.