Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Wajah Tidak Kusam saat di sekolah

Cara Agar Wajah Tidak Kusam saat di sekolah tidak selalu memakai produk kecantikan yang harganya mahal. Namun dengan beberapa metode yang aku share di  bawah, wajah kusam akan hilang dengan sendirinya.

Bagi remaja wanita, sekolah memang begitu penting. Tetapi kamu juga harus sadar bahwa wajah cantik dan tak kusam juga perlu dijaga. Dalam hal ini, tidak mengenal lokasi dan waktu terbaik untuk tampil mempesona. Ketika di sekolah pun kamu harus tetap memikirkannya.

Wajah kusam memang hampir tidak lepas dari kehidupan. Apalagi aktivitas saat itu selalu penuh. Di sekolah misalnya. Kamu selalu berlari, bermain sesama teman dan melakukan berbagai aktivitas yang bisa berakibat wajah menjadi kusam.

Beberapa orang merekomendasikan bahwa membawa dan menggunakan oil Control atau Wash itu lebih bagus untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kusam. 

Namun apakah hal itu mencerminkan seorang siswi yang fokus dalam mata pelajaran? Tentu saja tidak. Justru kamu akan lebih mementingkan wajah mu daripada mata pelajaran yang kamu terima saat itu.

Bahkan kamu akan menghabiskan banyak produk tersebut karena penggunaannya tak cukup satu kali, tetapi tergantung dari banyaknya aktivitas yang kamu lakukan. Lantas bagaimana cara agar wajah tidak kusam saat di sekolah?

Banyak opsi yang dapat kamu terapkan untuk menjaga agar wajah tak kusam selama jam sekolah. Semuanya sudah aku rangkum dalam daftar panduan di bawah. Jadi, jika kamu benar-benar sayang dengan wajah cantik mu, pelajari semuanya dan terapkan sekarang juga.

Agar Wajah Tidak Kusam Saat di Sekolah

Cara Agar Wajah Tidak Kusam saat di sekolah

Perlu kalian ketahui! Tidak hanya aktivitas selama di sekolah saja yang memicu kulit wajah menjadi kusam. Tetapi banyak faktor yang menyebabkan masalah pada wajah yang kamu alami. Hormonal, paparan debu berlebihan, paparan sinar matahari langsung, dan penggunaan Make Up yang tak sesuai juga sebagian kecil faktor penyebab semua itu. Jika demikian, ikuti rekomendasi cara agar wajah tidak kusam di sekolah antara lain:

1. Mencuci Muka Secara Rutin

Idealnya dalam sehari, kamu perlu mencuci muka sebanyak dua kali. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, kamu dapat melakukannya setelah melakukan aktivitas selama di luar ruangan. 

Untuk menghilangkan kotoran yang menempel di wajah, sebaiknya pilih sabun cuci muka yang benar-benar sesuai dengan kuli kamu sendiri. Jangan sesekali mengikuti produk sabun milik teman, karena tidak semua jenis sabun cocok untuk semua jenis kulit.

Menurut informasi yang saya peroleh dari dr. Nadia Nurotul Fuadah, dr. Muhammad Ainul Rohman F dan dr. Andisty Ate melalui laman resmi alodokter.com-, setidaknya terdapat empat tipe kulit pada manusia:
  • Pertama, Kulit yang normal
  • Kedua, Kulit berminyak
  • Ketiga, kulit kering
  • dan kulit campuran

Untuk menghindari masalah serius akibat penggunaan sabun yang salah, maka perlu untuk menentukan jenis kulit kamu sendiri. Sesekali, coba berkonsultasi dengan dokter yang khusus dalam perawatan kulit.

Sementara itu kamu juga perlu menghindari mencuci muka terlalu berlebihan, yakni lebih dua kali dalam sehari. Jika kamu melakukan hal ini terus menerus, mungkin akan terjadi indikasi kulit kering dan bahkan bersisik.

2. Hindari Penggunaan Make Up Berlebihan

Jangan sampai Make up yang kamu gunakan malah membuat kulit menjadi kusam. Hal ini bisa terjadi ketika kamu menggunakannya secara berlebihan. Di satu sisi, jenis atau Make up yang tidak sesuai dengan kriteria kulit juga dapat memperpanjang masalah kulit kusam.

3. Jangan Menggunakan Tissue Wajah

Penggunaan Tissue Wajah terus terjadi di lingkungan sekolah sampai detik ini. Padahal, penggunaan Tissue wajah tidak direkomendasikan. Ketika kulit anda kusam, tentu saja hal itu akan bercampur dengan keringat dan kotoran. Nah penggunaan tisu wajah ternyata tak mampu menyelesaikan masalah tersebut.

4. Gunakan Tabir Surya

Cara agar kulit tidak kusam saat sekolah yang terakhir yakni memilih untuk menggunakan tabir surya. Paling tidak kamu menggunakan SPF 30. Namun kalian juga harus berhati-hati dalam penggunaannya. 

Rekomendasi terbaik untuk menggunakan tabir surya yakni minimal setiap dua sampai tiga jam sekali. Sementara itu, kamu bisa memulainya pada pagi hari menjelang pergi sekolah, siang hari saat jam istirahat dan sore hari setelah pulang dari sekolah.

Akhir Kata

Demikian sekilas Cara Agar Wajah Tidak Kusam saat di sekolah yang dapat aku sampaikan hari ini ke kalian. Jika masalah tersebut tak kunjung pergi, berkonsultasi dengan dokter itu akan lebih baik, karena kamu bisa mendapat rekomendasi tepat sesuai tipe kulit mu saat ini.