Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apakah Tisu Basah Aman Untuk Wajah? Berikut Penjelasannya

Apakah tisu basah aman untuk wajah mu? Yuk cari tahu lebih rinci perihal manfaat dan indikasi penggunaanya, langsung pada konteks yang tercantum di bawah!

Tanpa tak kamu sadari, membersihkan hasil atau bekas riasan dengan tisu basah memang tak banyak menyita waktu. 

Tindakan seperti ini kerap dilakukan oleh beberapa wanita, terutama mereka yang memang cukup malas untuk mencuci muka buat menghilangkan bekas riasan tersebut.

Jika hal itu terjadi tanpa terus menerus, mungkin tidak berisiko apa pun. Namun ketahui lah, menurut DR. Astrid Wulan Kusumo Astuti melalui laman klikdokter.com mengungkapkan, "Sebenarnya penggunaan tisu Basah untuk Wajah tidak direkomendasikan".

"Tisu basah sendiri diproduksi bukan diformulasikan sebagai media penghapus riasan, dan menyegarkan wajah agar selalu tampil sehat", imbuhnya (30/07/2022).

Bahkan dijelaskan pula olehnya bahwa tisu basah khusus untuk menghapus riasan memiliki kandungan bahan MakeUp Remover. 

Bisanya kandungan tersebut berbentuk cair, seperti minyak. Dengan adanya kandungan tersebut, tentu membuat riasan akan lebih mudah terangkat.

Apakah Tisu Basah Aman Untuk Wajah?

Selain dari klikdokter.com, kabar buruk tentang penggunaan tisu basah juga hadir dari media kompas.

Media tersebut mengungkap bahwa penggunaan tisu basah dalam kehidupan sehari-hari dapat memicu indikasi kulit kering, pemicu munculnya komedo dan bahkan jerawat.

Sayangnya, banyak remaja hingga kini tidak sadar akan indikasi tersebut. 

Baca JugaKertas Minyak Wajah Solusi Terbaik Mengangkat Minyak Dengan Cepat! Ini Penjelasannya

Jadi ketika kalian bertanya "Apakah Tisu Basah Aman untuk Wajah?" Maka jawaban-nya; Tidak. Mungkin penggunaan satu kali tidak memicu indikasi apa pun, tapi jika terus berlanjut, indikasi di bawah mungkin akan terjadi.

Risiko Menggunakan Tisu Basah Untuk Wajah

Berikut adalah beberapa indikasi yang terjadi ketika menggunakan tisu basah untuk wajah cantik mu:

1. Kulit Dapat Berubah Menjadi Kering

Harus kalian ketahui, tisu basah ternyata mengandung bahan kimia. Alkohol dan bahan pengawet ini ikut berperan untuk membuatnya agar tetap bisa bertahan lebih lama. 

Sementara itu, informasi lainnya dari Life Health mengatakan bahwa kandungan tersebut diyakini dapat mengatasi bakteri, kuman dan jamur kulit di wajah.

Dengan adanya bahan dan manfaat seperti di atas, membuat tisu basah menjadi pemicu masalah kulit kering dan bahkan berlanjut menjadi kasar. 

Solusi penggunaan yang benar yaitu, mencuci muka dengan sabun setelah pemakaian. Namun tetap saja, penggunaanya tidak boleh terlalu sering agar masalah ini tak menimpa wajah mu.

2. Mengurangi Fungsi Produk Perawatan Kulit

Selain menjadi penyebab kulit kering, menggunakan tisu basah juga bisa berisiko menghilangkan sistem kerja untuk produk perawatan tertentu. 

Hal itu akan terjadi karena adanya kandungan kimia dalam tisu basah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaannya sesegera mungkin. Terlebih jika saat ini kalian sedang mengaplikasikan produk kecantikan sebagai bentuk perawatan.

3. Memicu Timbulnya Garis Halus

Mungkin sebelumnya kamu tak menyangka jika garis halus di wajah muncul itu salah satu akibat dari penggunaan tisu basah. Nyatanya, garis halus itu benar terjadi akibat penggunaan produk tersebut.

Terjadinya garis halus di wajah setelah menggunakan Tisu ini akibat dari tekanan yang terjadi akibat cara pemakaiannya. Namun, kalian tidak akan menemui indikasi ini jika penggunaanya cuma satu kali.

Tapi ketika penggunanya secara berkelanjutan, bukan garis wajah saja yang menjadi masalah. Kulit kendur seolah menua juga akan terjadi akibat elastisitas kulit yang semakin menurun.

Yakin ingin mempertahankan penggunaan tisu basah untuk menghilangkan keringat dan riasan? Yuk baca lagi risiko selanjutnya berikut ini!

4. Berisiko Iritasi

Tisu basah memang tak aman digunakan jika kulit mu bersifat sensitif. Ketika tetap memaksakan diri dengan menggunakannya berkelanjutan, risiko iritasi kulit bisa saja terjadi tanpa tak terduga. 

Indikasi iritasi ini bisanya berupa titik merah yang tiba-tiba terlihat di wajah, bahkan kulit akan terasa panas setelah menggunakannya.

Jika kamu menemui malah tersebut setelah pemakaian, sebaiknya lakukan penanganan lebih lanjut. Jika perlu, berkonsultasi lah dengan dokter khusus kulit.

Dengan adanya empat risiko penggunaan tisu basah di atas, kini kalian tahu jawaban yang sebenarnya. 

Ketika kamu bertanya apakah tisu basah aman untuk wajah? Tentu saja aman, jika penggunaanya tak terlalu berlebihan. Begitu pula sebaliknya, jika digunakan terus menerus, kemungkinan besar 4 risiko di atas akan menimpa mu.